Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengukuhkan pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan se Kabupaten Jombang masa bakti 2022-2027 kemarin (22/6). Bupati berharap pengurus FKDM terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menjaga ketenteraman serta kondusifitas masyarakat.

Pengukuhan pengurus yang digelar di Pendopo Kabupaten Jombang berjalan khidmat. Hadir dalam pengukuhan tersebut, jajaran forkopimda, Kepala Bakesbangpol Jombang Anwar, sejumlah kepala OPD, ketua dan pengurus FKDM Kabupaten Jombang dan FKDM kecamatan.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi dan kerja sama FKDM dengan Pemkab Jombang dalam upaya menjaga dan memelihara ketenteraman serta ketertiban sehingga Kabupaten Jombang tetap kondusif.

“Selamat kepada seluruh pengurus FKDM Kecamatan yang telah dikukuhkan, segera laksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik,’’ ujar dia.

Salah satu peran FKDM yaitu sebagai media dalam penyampaian informasi mengenai idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan (Ipoleksosbudkam) kepada pihak terkait terutama kepada pimpinan daerah.  Misalnya, terkait maraknya berita hoax, radikalisme, isu sara yang telah meresahkan masyarakat dan bisa membuat perpecahan sehingga mengarah terjadinya disintegrasi bangsa.

Bupati berpesan, agar anggota FKDM yang telah dikukuhkan segera melaksanakan tugas FKDM sesuai amanat Undang-Undang atau peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan.

Menjalin koordinasi, lanjut bupati, pada setiap jajaran dalam wadah FKDM untuk menjaring dan menampung informasi tentang segala potensi dan indikasi yang mengarah pada ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang menyebabkan timbulnya disintegrasi bangsa. Serta melaporkan informasi tersebut kepada pimpinan secara berkala maupun insidental untuk mengambil kebijakan. ”Sekali lagi, selamat kepada pengurus FKDM Kecamatan se-Kabupaten Jombang masa bakti 2022-2027, semoga bisa membawa FKDM semakin maju dan berkembang,” pungkas Bupati Mundjidah. (RADAR JOMBANG)

Leave a Comment